' type='text/javascript'/>

You Are Reading

0

Pelajaran Hidup Dibalik Cerita Sang Pengembala Dengan Kambingnya

Unknown Jumat, 13 Desember 2013
Penggembala Kambing
Disuatu pagi di hari sabtu yang segar dan meneduhkan, saya bersepeda ringan keliling kampung halaman, sapaan khas warga yang hangat semakin menambah keriangan disetiap kayuhan yang melewati rindangnya pepohonan.

Hamparan rumput hijau dan ilalang terbentang memanjakan mata dan  merefresh beban di pikiran, dari kejauhan sayup-sayup terdengar panggilan dari seseorang “mampir, mas”. Sekedar Berhenti Sejenak dan melepas lelah serta menyambut panggilan remaja tanggung yang bertelanjang dada dengan 5 ekor kambing didekatnya.

Melihat  kawan saya tersebut dengan pandangan yang sayu, perbincangan yang akrab dan diselingi candaan ringan, saya teringat akan diri saya dimasa lalu, seorang penggembala dengan 6 ekor kambing yang keluarga kami pelihara, setiap pulang sekolah dan pulang madrasah saya melakukan tugas tersebut.

Menurut sahabat berbagi menggembala kambing itu mudah apa tidak? Jawabannya mungkin bisa iya bisa tidak. Sebagian dari kita memandang rendah pekerjaan tersebut dan mungkin juga sebagian besar anak jaman sekarang enggan melakukannya.

Ada sebuah hadis yang mengatakan “Tidak ada nabi melainkan semuanya pernah menggembala kambing” diantara nabi yang diceritakan pernah menggembalakan kambing adalah Nabi Adam, Nabi Musa, Nabi Ibrahim, Nabi Lut, Nabi Ismail dan Nabi Muhammad SAW tentunya.

Kambing itu memiliki aroma yang khas, bau, kotor dan tidak mudah di perintah walaupun dipukul dan ditarik dengan keras. Ternyata ada pelajaran dibalik cerita sang pengembala dengan kambingnya yang bisa dipetik oleh seorang wirausaha. Apakah itu?



  1. Selft Control atau pengendalian diri meiatih kita dalam hal kesabaran  dan memiliki jiwa yang kokoh (Spiritual quotient).
  2. Kerja Keras execution dan disiplin
  3. Ketepatan Time management dalam kehidupan sehari-hari
  4. Keakuratan Accounting dan pengolaan sumber daya resources
  5. Thinking Big akan kebesaran Allah dengan mengingat ciptaan-ciptaan serta hikmah dibalik ciptaan-Nya.

Picture by :
http://dncphotoart.blogspot.com/2012/02/photographer-budi-cc-line.html

0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright 2013 Sekedar 'tuk berbagi